Cari Blog Ini

Sabtu, 18 September 2010

mesin spooring 3D geoliner 680

berbagi pengalaman dan ilmu pengetahuan ah......tentang spooring dan alat spooring

mengisi bulan puasa dengan kerja praktek asyyiiiiik lho.......... kerja praktek di PT. SARANA RIAWAN BANDUNG yang bergerak dibidang jasa spooring dan balancing, perusahaan ini sudah memiliki 25 cabang lhooo....dengan mekanik yang handal
kenapa mobil harus dispooring ? dan apa manfaat dari spooring tersebut
nah temen - temen saya akan menjelaskan sedikit yang saya tau

SPOORING atau wheel alignment adalah sudut - sudut tertentu yang sesuai dengan persyaratan tertentu pada roda yang terpasang pada suspensi dan chasis kendaraan
wheel alignment ini memiliki 5 faktor sebagai berikut
  1. camber
  2. caster
  3. kemiringan steering axis
  4. toe
  5. turning radius
di kelima faktor tersebut yang bikin putaran roda itu nyaman... masing masing memiliki fungsi yang berbeda
  • camber : menambah ketahanan dan kestabilan pada saat membelok tajam dan mencegah keausan ban yang tidak merata
  • caster : menambah kestabilan dan daya balik stir
  • steering axis : poros yang menjadi tumpuan roda pada saat membelok kekiri dan kekanan
  • toe : mencegah stir narik kesalah satu arah dan untuk kelurusan kemudi
  • turning radius : sudut belok roda kanan dan kiri dengan nilai sudut yang sama.
faktor - faktor yang harus diperhatikan dalam melakukan wheel aligment
  • tekanan udara ban
  • keausan ban
  • run out ban
  • ball joint
  • tie rod dan end rod
  • wheel bearing
  • strut bar
  • wheel base
  • deformasi
  • suspensi
  • kemiringan kendaraan
  • rem
sudut - sudut tersebut bisa terdeteksi oleh alat spooring, di pt sarana riawan saya meneliti 2 mesin spooring yang 1 menggunakan sensor dengan kabel (konvensional) yang satu lagi cukup canggih tidak menggunakan kabel hanya sebagai perbandingan saja antara keduanya

saya meneliti yang tanpa kabel yaitu spooring 3 dimensi geoliner 680


spesifikasi sbb :
  • state of the art PC with geo pro 32 bit software, vehicle specs intel P4, 40 GB harddisc dan CDroom, keyboard dan mouse
  • 17" colour monitor
  • windows operating system
  • 3D animated graphich
  • camera with integrated video system LH/RH
  • steering wheel holder
  • break pedal depressor
  • mobile cabinet
  • wheel clamps 12" - 22 W/ targets front 1 each for RH & LH side
  • wheel clamps 12" - 22 W/ targets rear 1 each for RH & LH side
  • 230 V /1 PH, 50/60 HZ/3A
  • mechanical wheel chock unit
  • camera boom LH/RH w / camera system
  • coonecting lead HUB /cabinet
  • software SNAP ON
  • A4 PRINTER COMPLETE / data lead and power cord
dibandingkan dengan mesin spooring konvensional spooring teknologi kamera 3D ini akan lebih akurat karena tidak dipengaruhi oleh faktor - faktor lain seperti :
  1. kemiringan lift akan mempengaruhi hasil dari mesin konvensional sedangkan dengan kamera 3D hal ini tidak akan mempengaruhi hasil spooring
  2. pemasangan wheel clamp ( sensor ) yang tidak tepat
  3. kalibrasi mesin spooring tidak tepat. karena selalu dikalibrasi secara otomatis setiap akan memulai proses spooring
  4. faktor human error jauh lebih kecil
cara Kerja Mesin Spooring

pertama - tama memasang wheel clamp pada setiap roda mobil, kemudian secara otomatis sinar infra merah mengkalibrasi dan membaca posisi roda pada target atau wheel clamps. data yang yang sudah terbaca tadi dipantulkan kembali oleh wheel clamp dan diterukan melalui gelombang infra red dan di tampilkan dilayar monitor.
data yang sudah terkumpul dari hasil kalibrasi awal melalui wheel clamp tadi, data inilah yang digunakan untuk menyetel camber, caster. toe,

Manfaat dari Spooring

pasti ada manfaatnya donk nah bandingan ja mobil yang sudah di spooring ma yang belum.
manfaatnya yaitu untuk kestabilan saat roda melaju dan kestabilan daya balik stir serta mencegah aus ban yang tidak merata.

sudah kah mobil and di spooring ????????????????
jangan ragu untuk Spooring di dealer2 mobil terdekat

created by : insan muwahidah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar